18 Sept 07: Retina Lepas Lagi

18 Sept 2007. Ini jadwal kontrol yg pertama sejak operasiku dibatalkan sebulan lalu.

Siang itu, lagi-lagi aku harus merem 2,5 jam setelah mataku ditetes obat utk melebarkan pupil ….. ditambah dg suasana puasa, wah bener2 prosesi yg membosankan dan luar biasa membuatku ngantuk :(

Hasil periksa dokter, retinaku lepas lagi. Nggak banyak, hanya di bagian terbawah, tapi ini tetap lampu kuning alias aku harus ekstra hati2 lagi. Tapi yg agak membuatku sedikit lega, cairan vitreus –seharusnya mengelilingi bola mata– yg menggenang di bagian tengah selaput retinaku hilang. Retina bagian tengah menempel dg baik, cuma di retina bagian bawah yg sebulan lalu udah nempel lepas lagi …. Walau begitu, kemampuan utk membaca lebih baik. Kalau sebulan lalu mata kananku masih sulit baca tulisan (apalagi kalau baca teks buku) karena hurufnya terlihat berantakan, sekarang mata kananku udah bisa baca font 12 walau masih bergelombang..

 Aku nggak terlalu kaget dg hasil ini. Rasanya aku udah tahu, karena bbrp minggu lalu mata kananku ketendang Lintang waktu tidur. Namanya anak kecil semata wayangku, jadi ya nggak ada rasa marah sedikitpun. Lagipula, aku juga sadar belakangan ini aku kurang disiplin minum ramuan herbal. Kadang cuma 2 kali sehari, puasa2 pertama ini lebih parah lagi, cuma sekali sehari. Trus lebih parah lagi, bbrp kali aku melanggar pantangan dari tabib utk diet vetsin & pengawet. the worse is… beberapa hari lalu aku mencicip coca cola seperempat tegukan. Aduuuh….

Btw, melihat perkembangan yg begitu, mulanya dokter memintaku utk istirahat total lagi & mengusulkan terapi laser utk mengencangkan retina di sekitar yg lepas. Tujuannya sih agar daerah yg lepas nggak melebar. Tapi kemudian dokter usul lagi utk sementara tdk dilakukan tindakan apapun, alias cuma observasi sebulan lagi. Krn, bagaimanapun kasusku ini menurut dokter aneh. Nggak ada ceritanya orang kena ablasi kok nempel sendiri tanpa operasi. Apalagi kemaren2 daerah yg lepas udah luas. Jadi, ini sekalian test case juga. Saking anehnya kasusku, dokter magang yg sebulan lalu juga ketemu sampai hafal namaku. Katanya, “mbak Desi ya? Yang ablasi nempel sendiri tanpa operasi kan?”  :-) 

~ by lintangrembulan on September 19, 2007.

5 Responses to “18 Sept 07: Retina Lepas Lagi”

  1. Salam Kenal…
    Kebetulan ayah saya juga terkena ablasio… Wah kaget juga kalo bisa nempel sendiri :)

    Boleh numpang tanya knodisi terakhir bagaimana bu? Karena rencananya ayah mo dioperasi minggu2 depan sih…

  2. Salam kenal mba desi…
    mba bagaimana progress kondisi ablasio retina nya setelah minum ramuan herbal yang dijalanin mba?
    kebetulan aku juga mengalami ablasio di mata sebelah kiri ku, dan dokter bilang aku harus operasi, sampai saat ini aku belum memutuskan untuk operasi mengingat resiko yang akan terjadi.
    aku ingin coba pengobatan alternatif yang dilakukan mba desi,mungkin mba desi bisa sharing…
    thx…

  3. wahhhh aneh yhhh bisa menempel sendiri tanpa operasi :0
    so kelanjutannya gmn?blh tau
    soalnya cwo ak sekarang ini lg perawatan setelah operasio ablasio retina sekitar 2 minggu yg lalu

    dan klo boleh tau,berapa lama yh kesembuhan setelah pasca operasi
    makaci :)

  4. Mba desi gimana keadaannya sekarang ?

  5. Wah lama sekali saya gak kasih respon thd comment teman2.. Meskipun sempat nyaris sembuh, tapi kondisi mata kanan saya sekarang tidak terlalu baik lagi. Aktivitas yg saya lakukan (banyak di depan komputer) tentu sangat kontributif thd kondisi sekarang. Tetapi itulah pilihan yang sudah saya tempuh. Jadi, saya tidak menyesal. :) Semoga teman2 semua dalam kondisi yang lebih baik.
    Salam,

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

