Jalan-jalan ke Kisaran (1): taksi dan lampu lalu lintas

Kesempatan pertama aku menginjakkan kaki di tanah kelahiran suamiku di  Kisaran, ibukota Kabupaten Asahan, Sumatera Utara terjadi sekitar 3 th lalu. Waktu itu  masih pengantin baru lho… Rumah mertuaku di luar kota Kisaran. Kalau kita naik mobil dari bandara Polonia, yaa ..kira-kira makan waktu 4,5 – 5 jam lah. Ini cerita ttg hal yg pertama kali membuatku “terkesan” selama kunjungan singkat 3 hari ke rumah mertua.

Waktu turun dari pesawat, ada taksi yang menjemput. Beda dengan taksi di Jawa yang memang mobil khusus dengan tulisan taksi di atasnya, di Asahan yang disebut taksi ya mobil Kijang biasa. Aku sih nggak terlalu kaget dg ini krn hal serupa pernah kutemui waktu ikut penelitian di Kaltim. Tp yg membuatku terheran2 adl cara sopir mengendarai mobilnya. Kami naik mobil jenis kijang yg masih baru & berjalan di jalanan aspal yg juga masih baru, tapi rasanya kok nggak spt naik mobil, malah spt naik kuda yg jalannya melompat2….padahal utk smp tujuan makan wkt sekitar 4-5 jam..kebayang kan? Suamiku sih ketawa2 aja melihat ekspresiku yg terkaget2 sambil menggerutu.

Hebatnya, di tengah kota Kisaran & kabupaten tetangga yang kaya ikan (Tanjung Balai), orang nggak perlu lampu lalu lintas utk mengatur keramaian jalan. Tingkat kesemrawutannya sih biasa aja. Cuma laju kendaraan aja yg “menakjubkan” dan membuat orang yang nggak terbiasa dg kebiasaan disana jadi kaget, senam jantung, atau malah ngomel-ngomel 🙂. Tentang tingkat kecelakaan … aku belum pernah tahu, tapi yang jelas, sampai sekarang aku nggak mengerti bgm para pengguna jalan membuat “kesepakatan” agar bisa menggunakan jalan bersama-sama…Wah,wah…

~ by lintangrembulan on May 21, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: