Hati-Hati Bawa Anak Keluar Rumah Saat Pergantian Siang-Malam?

Hari Minggu malam yg lalu, kami dikejutkan dengan tangisan Lintang di tengah malam. Saat itu hampir jam 12 malam, ketika tiba-tiba Lintang nangis menjerit-jerit. Mulanya kupikir dia ngelindur, tapi kok matanya melek & biarpun sudah kugendong tapi tangisnya nggak mereda juga, Tangan mungilnya terus melingkar erat2 di leherku walaupun ayahnya bermaksud menggendong. Nggak biasanya dia begitu..  

Dia pernah menangis menjerit-jerit waktu umur 4,5 bulan. Waktu itu mama buru-buru menyuruhku memberikan Lintang ke eyang kakungnya utk didoain secara khusus. Orang tuaku masih percaya bahwa bila bayi menangis mendadak kita harus hati-hati. Mungkin dia melihat  sesuatu yang tak kasat mata alias makhluk halus & hal itu hanya bisa diselesaikan dengan bacaan doa.  Bukannya menyepelekan arti doa, tapi saat itu aku sangat yakin bahwa Lintang kena kolik & benar aja, paginya dia diare. Tapi Minggu malam itu aku sangat bingung, mungkin karena nangisnya tiba-tiba di tengah tidur nyenyakku. Aku masih bertahan utk menenangkan dia. Mungkin 15 menit ada. Karena nggak ada kemajuan, akhirnya aku datang ke papa. Lintang terus melingkarkan tangannya erat-erat  ke leherku & tangisnya semakin melengking tiap kali eyangnya coba menggendong. Tapi akhirnya kubiarkan saja dia menangis sekeras-kerasnya waktu eyangnya membopong dia. Beberapa menit kemudian tangisnya mereda, lalu diam & tidur lagi. Ayahku tanya apa kami bawa dia keluar rumah waktu maghrib? Kubilang iya, menjelang maghrib kami bawa Lintang ke supermarket untuk beli susu & pulangnya saat maghrib tiba.  

Menurut  kepercayaan orang Jawa asli, anak bayi tidak boleh dibawa pergi keluar rumah saat maghrib tiba (bahasa Jawa: surup). Setelah terpengaruh budaya agama Islam, seorang anak boleh dibawa keluar tetapi harus dibacakan Al-Fatihah & Ayat Kursi & kemudian ditiupkan ke si anak. Surup, seorang bayi juga harus dijaga baik-baik, dipangku, & tak boleh lepas dari pandangan mata agar  tak diculik oleh mahluk halus. Anak-anak tak boleh berdiri di depan pintu, & banyak lagi aturan-aturan serupa.  

Orang tua masa kini, kecuali kalau dia seorang antropolog, mungkin akan tertawa & menganggap konyol berbagai kepercayaan tsb. Meskipun, mungkin dalam bahasa manusia modern, ada penjelasan yang ‘setara’ untuk beberapa fenomena, meski kemudian tidak ada larangan serupa. Dalam kacamata ibuku, seorang awam (bukan dokter, bukan antropolog, bukan psikolog) yang coba menjembatani keyakinan di antara dua masa yang berbeda (tradisional & modern), surup yang tak lain adalah saat pergantian antara siang ke malam hari, adalah saat-saat yang “tidak nyaman” dimana udara & suasananya membuat badan bayi & anak-anak yang masih sensitif & masih dalam masa menyesuaikan diri” dengan lingkungan hidupnya merasa terganggu.  Dengan logika serupa kita bisa menjelaskan mengapa anak-anak yang dalam masa transisi menuju kedewasaan juga perlu mendapat perhatian khusus, karena di masa ini lagi-lagi suasana “yang tidak nyaman” sedang dihadapi oleh si anak. Poin terpenting yang kupelajari pada Minggu malam itu adalah, penting bagi orang tua masa kini untuk merujuk ke pengetahuan-pengetahuan modern ttg perkembangan anak, tetapi  juga penting untuk mengadopsi spirit leluhur, melalui kearifan lokalnya, untuk menempatkan anak sebagai karunia yang harus dimaknai dengan sepenuh hati & diperlakukan secara hati-hati.

~ by lintangrembulan on June 13, 2007.

One Response to “Hati-Hati Bawa Anak Keluar Rumah Saat Pergantian Siang-Malam?”

  1. “Surup, seorang bayi juga harus dijaga baik-baik, dipangku, & tak boleh lepas dari pandangan mata agar tak diculik oleh mahluk halus” ibuku juga menekankan hal ini. Bahkan saat arsya tidur pun harus ditunggui dan tidak boleh ditinggal sendirian.Aku pernah baca penjelasan serupa di nakita. keep writing bunda !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: