Ablasio retina…..

Ablasio retina..kata-kata itu sekarang terdengar seperti ancaman yg mengerikan di telingaku…Bukannya mendramatisir, tapi bener-bener kata-kata itu bagiku sekarang terdengar mengerikan, paling enggak sampai aku berhasil ketemu dengan dokter mata subspesialis retina..

Ceritanya, 3 hari lalu aku ikutan konsultasi tanya jawab via internet (website) dengan dokter mata di rumah sakit mata di yk. Kuceritakan kalau aku agak kuatir dengan beberapa keluhan baru di mataku sebelah kanan. Dimulai dengan bbrp bulan setelah melahirkan aku sering melihat ‘kupu-kupu kecil’ yg mengepak2an sayapnya dengan sangat cepat di mata kananku. Lalu beberapa bulan kmdn, keluhannya ganti mjd pandangan yg kabur & bergelombang tiap melihat objek, baik pada saat pake kacamata atau enggak. Sempat beberapa kali pengen ke dokter mata bahkan udah mulai diskusiin sama suami ttg rencana lasik akhir tahun ini, tapi aku terus menghibur hati utk tdk terlalu kuatir berlebihan. Kali aja itu masih kebawa kondisi mata yg labil pasca melahirkan. Konon pandangan mata orang yang baru melahirkan seringkali  mjd agak kabur (tapi nggak tahu batas toleransinya berapa lama). Nah, belakangan malah keluhannya tambah. Aku sering melihat kilatan cahaya di pojok kiri mata kananku.

Hasil konsultasi online lumayan mengejutkan. It’s shocking me….kata dokter itu adalah gejala penipisan retina dan bisa jadi pertanda awal ablasio retina alias lepasnya selaput retina yan bisa berakhir dg kebutaan. Huhuhu…pengen nangis rasanya.  Bgm aku bisa kerja kalau kondisiku begitu? Nggak bisa mbayangin kalau jadi kehilangan kerjaan & akses thd bny hal krn hal itu. Huhuhu… Lintangku masih kecil dan lucu..huhuhu…aku nggak mau kehilangan penglihatan walaupun satu huhuhu….

Habis baca jawaban dokter, aku buru-buru ke rumah sakit mata utk ngecek secara langsung. Dokter yg periksa aku seorang profesor. Satu2nya profesor di rumah sakit itu. Jawabnya sama aja. Huuhuhu sedihnya…… kata dokter aku harus ketemu dokter spesialis retina. Tapi yg jelas mmg telah terjadi penipisan pd retinaku sbg akibat dari minus yg lumayan tinggi (minus 8). & kemungkinan besar aku harus menjalani laser agar retinanya nggak lepas. Waktu kutanya apakah kalau retina sampai lepas atau robek pasti terjadi kebutaan, dia cuma bilang, “ya..peteng..” alias gelap. Huhuhu…rasanya kakiku jadi lemes..

Btw, sayangnya  jadwal dokter ahli retina itu nggak karu2an padat. Dia membatasi setiap harinya hanya ketemu dengan 30 orang pasien. dan aku dapat jadwal utk ketemu dia 1 atau 2 minggu lagi, itupun sudah di nomor 21. Huhuhu lama sekali……

Terpaksa lah sambil nunggu jadwal, aku akan cari2 info ttg segala sesuatu ttg ablasio. Minta doa aja deh dari teman2, mudah2an everything just gonna be ok. …..

~ by lintangrembulan on July 9, 2007.

23 Responses to “Ablasio retina…..”

  1. Papa saya umurnya 65 tahun, punya keluhan bahwa ada bintik hitam dan kilatan. awal juli ke salah satu dokter mata terkenal di jakarta. tetapi setelah di periksa menurut dokter tersebut retina papa saya masih baik jadi tidak perlu dilakukan operasi…(katanya selama retina tidak robek tidak perlu di obati….).
    Terus terang saya masih khawatir apa betul begitu… kalo boleh saya tahu dokter ahli retina di rumah sakit/klinik mata mana dan nama dokternya. saya mau bawa lagi papa saya check ke dokter lain…..

  2. Re-comment

    halo,
    maaf ya baru balas sekarang. selama berminggu2 ini saya meninggalkan pekerjaan & komputer karena nasihat dokter. Sebetulnya direncanakan operasi tgl 18 agt kemarin, tapi dibatalkan krn kondisi mata saya membaik setelah mencoba pengobatan herbal (nanti saya ceritakan di blog ya..)

    oya, gimana kondisi papanya? udah baikan?
    saya periksa mata di RS Mata Dr. Yap di Yogyakarta (karena kebetulan domisili di Yk). Saya diperiksa oleh oleh Dr. Angela Nurini (dr. Iin), 1 dari 2 orang dokter subspesialis retina di RS itu (mungkin juga di Yk). Untuk ketemu dokter, harus daftar dulu karena beliau membatasi pasien paling banyak 30 orang/hari. Selain itu, hari prakteknya juga cuma 3 hari dalam seminggu (Senin, Selasa, Kamis) krn selebihnya dipergunakan utk melakukan operasi. No telp RS Yap: 0274-562054. Kalau belum sempat ke Yk, bisa konsultasi lewat website dulu (www.rsmyap.com). Biasanya dalam 1-2 hari udah ada jawaban kok. Disana bisa juga baca-baca info & hasil tanya jawab saya ttg ablasio.
    Oke, semoga berhasil

    Salam
    Desi

  3. Mau nanya donk….apakah ablasio selalu menyerang kedua mata (kiri &kanan) atau salah satu saja?? Lalu berapa lama biasanya seseorang yang terkena ablasio bisa menjadi buta jika tidak diobati?? lalu apakah jika seseorang melihat kilauan-kilauan cahaya seperti petir itu berarti sudah pasti terkena ablasio?
    jika tidak, berapa lama kilauan-kilauan itu akan menghilang??
    Saya mengalami melihat kilauan-kilauan itu di pojok kanan mata kanan saya…sudah beberapa hari terakhir ini saya begitu… saya takut terkena ablasio.. tolong di jawab secepatnya ya…
    terima kasih…

  4. Halo Reza,

    Maaf ya, baru respon. Maklum, selama libur lebaran kami ke luar kota dan agak repot utk mengakses internet.

    Tentang kilauan cahaya seperti petir, menurutku harus diwaspadai. Reza bisa baca di beberapa artikel yang ku-upload dari beberapa situs rumah sakit mata (ada di folder Artikel Ablasio)ttg kenapa kilatan cahaya perlu diwaspadai. Dari artikel itu juga disebutkan kalau cara penanganan ablasio tergantung dari tingkat kerusakan retina. Kalau retina baru robek atau terlepas sedikit, mungkin cuma cukup dilaser. Lebih dari itu, dokter akan merekomenasikan operasi. Jenis operasi macam-macam (bisa dicek di http://www.rsmyap.com). Jenis operasi yg waktu itu direkomendasikan utkku adalah vitreoretinal jenis vitrektomi yg menggabungkan bbrp macam teknik operasi. Jenis operasi ini adalah jenis yang tergolong paling rumit (& beresiko) utk sebuah operasi mata. Karena itu, saranku Reza segera periksa ke dokter mata subspesialis retina.

    Oya, utk mencegah hal-hal yg nggak diinginkan, jangan dulu melakukan olahraga berat, mengejan, dan mengangkat benda yg agak berat. Selain itu, Reza juga harus cukup istirahat, makan buah & sayur utk jaga kesehatan. Itu nasihat dokter utkku dulu.

    Oke, semoga Reza segera membaik.

    Salam,
    Desi

  5. Hi Lintang,
    Bagaimana kondisi saat ini, apakah jadi operasi?
    Salah satu sahabat saya baru saja di operasi karena ablasio retina… Sangat mengejutkan untuk kami semua, dan mata kanannya diperkirakan 90% akan totally blind… Saya juga udah browsing tentang ablasio ini dan memang itu adalah salah satu kemungkinan yang akan terjadi. Saya sedih dia harus mengalami ini, tapi dia cukup tegar dan bersyukur Tuhan telah mengijinkan dia melihat dunia selama ini. Saya ingin keep contact dengan Lintang barangkali bisa sharing sesuatu. Be strong ya Lintang, kamu bisa jadi berkat untuk orang lain yang mengalami hal ini. Seperti juga untuk sahabat saya, saya berdoa Tuhan memberi kamu kekuatan dan segala yang diperlukan untuk kebaikanmu.

    Salam,
    kristi

  6. Mata kiri saya kena ablasio retina juga, akibat pukulan dari perampok yg memukul saya..

    ini rencana mau operasi di kl🙂

    doain ya teman2

  7. Salam,saya melihat komentar terakhir tgl 20 Des 2007 jadi ingin bertanya: bgm hasil ‘perang melawan ablasio’ ini? Berhasilkah? Pengobatan herbal spt apa? Anggota keluarga saya juga kelihatannya mengalami kasus sama.

  8. Salam, ibu saya juga divonis oleh dr subspesialis retina di RS Yap tsb & disuruh untuk operasi. Saya ingin nanya untuk kondisi setelah operasi gimana ?? ada pantangan2 nya tidak ?? Oya terus, kan katanya lintang sempat menggunakan obat herbal sehingga bisa lebih baikan, bisa tolong diceritakan soal herbal ini ?? Tolong dibalas ya. Thx.

  9. Hi, Lintang…
    Saya juga mengalami hal yang sama denganmu. Sejak pertengahan 2004 mata ada floater dan flashes, dan alhamdulillah sampai sekarang masih bisa melihat. Minus saya kecil padahal 1,75. Baik kanan maupun kiri. Pada akhir 2007 mata kanan saya sudah di laser. Kiri belum masih baik, semua masih 100% penglihatan.

    Soal khawatir saya juga mengalami hal yang sama. Apalagi kerjaanku desainer grafis.

  10. saya punya anak saat ini umurnya 5 thn mata yg kiri kna stang sepeda smp bola mata nya robek,saya sudah bw ke RS tp tetap tidak bisa melihat,yg ingin sy tnyakn apa bisa bola mata anak saya diganti dan ber apa biaya untuk operasi tersbut Terimakasih.

  11. Salam m’Lintang n temen2…
    Usia saya 32 tahun, single, 2 tahun mengalami ablasio retina di mata kanan n kiri juga mengalami gejala yg sama, saya sudah periksa ke spesialis ablasio retina d Bandung tapi berhubung biayanya mahal, saya urungkan. karna disamping saya pernah dengar dr teman ada yg sesudah operasi justru jadi buta total.
    Saya butuh saran???
    Mbak Lintang jadi operasi? hasilnya?
    Miens bagaimana hasil operasi di KL? Biaya n nama RS?

    Saya sangat harap Mbak Lintang ada waktu untuk menjawab.

    Trims..

  12. Eh, ada yang lagi gomongin ablasio.
    Perkenalkan, nama saya Mohammad Andito.
    Sekarang umur 23 tahun domisili di depok.
    2 Tahun yang lalu, saya di vonis kena ablasio. Ceritanya, saya ingin ganti kacamata karena udah engga enak. Saya minus 5 kiri kanan. Namun, saat di cek di optik, saya kaget karena tiba2 silinder 6. Saya shock. Kemudian keesokan harinya saya coba lagi ke optik yang lain, dan silindernya berkurang (padahal saya hanya silinder 0.25). Opticist merekomendasikan saya untuk ke dokter mata, dan setelah diperiksa, saya dinyatakan ABLASIO. Saya yang belum tahu apa itu ablasio, diperintahkan segera operasi secepat mungkin. Kemudian saya menghubungi ayah saya di Ponorogo (Jawa Timur) yang kebetulan dokter, kemudian ayah saya meminta saya untuk segera terbang ke surabaya, menemui teman beliau yang dokter mata di RS Dr, Sutomo Surabaya (terimakasih Om Yudi). Dalam waktu kurang dari 1 minggu, saya segera di operasi (saya tidak tahu seperti apa operasinya), saya dibius total, dan alhamdulillah, sampai saat ini, mata kanan saya masih bisa melihat walaupun tidak bisa sempurna. Hal ini disebabkan seperti logika baju yang kusut, namun tidak ada setrikanya. Sama seperti retina saya, yang tidak ada alat untuk menyetrikanya. Saran saya, segeralah operasi. Semakin cepat anda di operasi, semakin baik. Karena kemungkinan besar etina masih menempel, sehingga “hanya” perlu “ditempelkan” lagi seperti saya.

    Regards,
    Mohammad Andito

  13. salam kenal..
    Haloo.. apa kabar?

    langsung aja ya. saya mau tanya tentang 1.kemungkinan gagalnya operasi ablasio ini apa ya?
    2.klo operasinya memakai askeskin, penanganannya bagaimana?sama baiknya ga dengan yang bayar sendiri?

    saya tunggu jawaban secepatnya, soalnya ayah&saya masih ragu untuk operasi ablasio ini.

    trim’s

  14. mata sebelah kiri mamah saya terkena ablasio retina, dan sudah di operasi di RS Cicendo Bandung. Dan hasilnya? malah tidak bisa lihat sama sekali.. sekarang kena ke sebelah kanan.. dokter cicendo suruh operasi lagi, ketika dimintai pertanggungjawaban atas operasi mata sebelah kiri..apa jawab dokter? “yah itu resikonya, karena ibu sudah menandatangani surat kesepakatan operasi” haha..kok ada dokter yg kayak gitu ya..
    saran saya be carefull buat operasi di Cicendo…
    ada yang operasi katarak, awalnya matanya minus, setelah operasi malah jadi plus.. kok bisa yaa…?

  15. Mba Lintang, saya mengalami juga mengalami sakit mata kanan ada putih2 di kelopak dokter mata bilang alergi cuaca dan harus di operasi/ di buang putih2 tersebut melihat saya kurang jelas & mata terkadang bengkak & merah mbak, saya berharap tidak di operasi karena di samping biaya juga ketakutan, mbak katakan dengan herbal dapat lebih baik bolehkah saya meminta informasinya tentang herbal tersebut…??Terima kasih atas jawabannya

  16. Hi, saya usia 32 tahun. sudah lama saya mengalami floaters di mata saya (kl gak salah dari umur 18 thn) hy sj dulu tdk terlalu mengganggu, cuma bintik hitam yang kecil. hy belakangan ini sudah menjadi sebesar nyamuk. 3 bln lagi sy melahirkan anak ke2, kira2 bahaya gak ya buat mata saya. krn pasti harus mengejan.

    mohon saran & masukan dari teman2 sekalian.

    thx.

  17. hi lintang saya mau tanya berapa biaya operasi ablasio retina RS mana yang terbaik dinusantara,dalam 10 pasien apakah berhasil semua, mohon jawabannya terimakasih

  18. Halo lintang. Aq jg skrg ngalamin mslh sama, cuma bedanya k dua mata aq terkena oli yg bertekenan tp alhamdulillah yg kiri udh mulai baikan. Yg kanan msh dlm proses pengobatan. Kt dokter sich terjd pndrhan & msh sampe skrg. Dokter jg blm brani utk menindak lanjuti mo d apain? Krn wkt d USG cuma keliatan drh aj. Kmren wkt aq d test, utk chy ad sedikit keliatan tp objek msh blank.
    Seandainya ad mslh dgn retina aq, apa msh bs d operasi ør gmn cr nya biar aq bs liat lg?

  19. aq 20th,,, dan sudah di operasi ablasio retina sejak maret 2008 lalu… tapi sekarang belum menunjukan mataku akan kembali normal… rasanya sia-sia buang2 uang kalu hasilnya hanya segini saja😥

  20. mbak lintang apakah operasinya berhasil? saya doakan berhasil yah. mbak saya juga di jogja saya juga mengalami floaters sejak tahun 2004 sudah 2 minggu ini kalau melihat pantulan sinar matahari di metal yang seperti blitz kamera maka saya seperti melihat flash tapi kemudian makin lama menghilang apakah itu yang disebut flasehsh mbak? apakah sama dengan yang mbak lihat karena saya kontrol juga ke dokter mata YAP tapi bukan ke dr. angela tapi ke dokter prof. warsidi dia bilang tidak apa-apa tapi saya kok tetap khawatir ya mbak.

    mari kita sama-sama berjuang menghadapi ini mbak…

  21. Dear All.
    Ablasio adalah sama dengan yang telag di cerikan di atas, saya telah di operasi Ablasio di Bandung di RS Cicendo, jadi kesimpulan jika anda2 menurut dokter terkena ablasio, jangan mtunda2 untuk dioperasi,karena jika ditunda bisa buta, betul, jadi jika kita kena ablasio, dibawah 1 minggu , hasilnya 70% normal, jika 1 bulan seperti saya, penglihatan hanyam bisa melihat orang dalam jarak 2 meter dengan wajah tidak bisa mengenali kecuali suara, jadi jika anda kena ablasio, jangan tunda lagi, hari ini dokter bilang ablasio, besok cek darah, dll lusa operasi, pasti hasilnya bagus jangan terlambat, hanya akan bisa melihat samar 40%
    Ini benar2 pengalaman,untuk siapa saja, hati2, biaya memang 2 kali operasi katarak, jika anda tidak mempu bisa minta SKTM, Jamkesmas dll.
    Salam untuk semua
    Nasrul Bakar

  22. Dear All.
    Ablasio adalah sama dengan yang telah di ceritakan di atas yang lebih awal, saya telah di operasi Ablasio di Bandung di RS Cicendo, jadi kesimpulan jika anda2 menurut dokter terkena ablasio, jangan tunda2 untuk dioperasi,karena jika ditunda bisa buta, betul, jadi jika kita kena ablasio, dibawah 1 minggu , hasilnya 70% normal, jika 1 bulan seperti saya, penglihatan hanya bisa melihat orang dalam jarak 2 meter dengan wajah tidak bisa mengenali kecuali suara, jadi jika anda kena ablasio, jangan tunda lagi, hari ini dokter bilang ablasio, besok cek darah, dll lusa operasi, pasti hasilnya bagus jangan terlambat, hanya akan bisa melihat samar 40%
    Ini benar2 pengalaman,untuk siapa saja, hati2, biaya memang 2 kali operasi katarak, jika anda tidak mampu bisa minta SKTM, Jamkesmas dll.
    Salam untuk semua
    Nasrul Bakar

  23. Betul sekali. Sebaiknya langsung operasi. saya waktu itu, diancam dokter, jika telat sehari dua hari saja, bisa buta. Sehingga keesokan harinya, saya langsung terbang dari jakarta ke surabaya. Lalu besoknya cek darah dan lain2, langsung keesokan harinya lagi, operasi. Alhamdulillah bisa melihat lagi, walaupun tidak sesempurna dulu. Namun, tetap bersyukur
    Jika ada yang ingin diskusi, bisa di: mohammad.andito@gmail.com

Leave a Reply

 
